Points to Ponder:

What is necessary to change a person is to change his awareness of himself. (Abraham Maslow)



Kamis, 20 Januari 2011

MEMPERMAINKAN SUAP: Sebuah Kritik Sastra


Tutut Guntari
Prolog
            Salah satu cerpen menarik dalam 20 Cerpen Indonesia Terbaik 2009 adalah cerpen “Suap” karya Putu Wijaya, salah budayawan besar di negeri ini, dengan 30 novel, 40 naskah drama, sekitar seribu cerpen, ratusan esei, artikel lepas, dan kritik drama, serta berbagai penghargaan (http://www.duniasastra.com/biography putuwijaya.htm).

IRONI, PARADOKS, AMBIGUITAS, DAN TENSI DALAM PUISI E. A. ROBINSON “RICHARD CORY”


Tutut Guntari
Pengantar
Puisi, sebagai salah satu genre sastra, menawarkan pesan moral yang perlu ditafsirkan dan ditangkap maknanya oleh pembaca. Puisi bahkan sering dianggap sebagai sumber inspirasi bagi manusia untuk memperkaya pengalaman dan meningkatkan kualitas hidupnya. Bahkan, tak jarang puisi digunakan untuk falsafah hidup.

MEMBACA KUMCER AZHARI, LAN FANG, TAMARA GERALDINE, dan DJENAR MAESA AYU


Tutut Guntari
Pengantar
Membaca karya sastra, dalam hal ini cerita pendek (cerpen), merupakan kegiatan menafsirkan, memboboti (menilai), dan memberikan makna atas karya sastra itu. Mengingat karya sastra senantiasa bersifat  ‘terbuka untuk ditafsirkan’ (open to interpretation), hasil penafsiran bisa bervariasi antara satu pembaca dan pembaca lain.

SAY ‘NO’ TO ABORTION


Tutut Guntari
Introduction
Each year in Indonesia millions of women become pregnant unintentionally, and many choose to end their pregnancies despite the fact that abortion is generally illegal. Like their counterparts in many developing countries where abortion is stigmatized and highly restricted, Indonesian women often seek clandestine procedures performed by untrained providers, and resort to methods that include ingesting unsafe substances and undergoing harmful abortive massage.

WHAT MATTERS WITH ‘GOOD LANGUAGE’?


Tutut Guntari
Introduction
It is necessary to understand the philosophy of language, particularly for those who study language seriously. It can serve as the gate for understanding the nature of any conceptual knowledge, including language and its functions. I

IMPLEMENTASI ERROR ANALYSIS DALAM MEMPERLAKUKAN TULISAN BAHASA INGGRIS PEMBELAJAR SMP


Tutut Guntari
Pendahuluan
Analisis Kesalahan (Error Analysis) dalam pembelajaran bahasa kedua (second language acquisition, SLA) dipopulerkan tahun 1970an oleh S.P. Corder dan kawan-kawan.

ENGLISH TENSES USED IN MARTIN LUTHER KING’S SPEECH I HAVE A DREAM


Tutut Guntari
A. INTRODUCTION
English now is international language, as a part of global society people in every country in the world should be able to communicate in English. Like other language, English has its languages structure called grammar.

LINGKUNGAN BELAJAR


Tutut Guntari
Dalam edisi sebelumnya, saya telah mengajak memahami arti pentingnya motivasi belajar. Sekarang, hal penting lain yang potensial menentukan kesuksesan belajar adalah lingkungan belajar. Kalau motivasi belajar berkisar pada niat belajar, lingkungan belajar berkisar pada suasana atau atmosfir sekeliling kita selama menjalani proses belajar, baik di rumah maupun di sekolah.

MOTIVASI BELAJAR


Tutut Guntari
Kalau kita punya impian berlibur ke Borobudur, kita harus punya motivasi kuat untuk benar-benar pergi ke sana. Selagi impian kita kuat, kita akan rajin menabung, merencanakan segala sesuatunya, dan akhirnya ketika waktunya tiba kita naik bis atau mobil menuju Borobudur. Di sinilah impian kita terwujud. Kalau kita hanya berkhayal saja, mana mungkin kita bisa berlibur ke Borobudur?

THE IMPORTANCE OF TENSES IN ENGLISH


Tutut Guntari
What do we talk about when we talk about ‘tense’? This question is intentionally addressed on this occasion since the term ‘tense’ has a wide range of perception, particularly when it comes to its real practice.

Minggu, 09 Januari 2011

OPTIMALKAN PENGAJARAN, KONDUSIFKAN MILIU BAHASA


Tutut Guntari
Tulisan Sani Swatan “Memotivasi Berbicara Bahasa Inggris” (JP, 1/1/08), yang menawarkan tips memotivasi siswa berbicara bahasa Inggris di sekolah, menarik untuk didialogkan. Dilihat dari pendekatan dan lingkup aplikasinya, tulisan tersebut sangat patut dikritisi.

SURAT SPONTAN BAHASA ASING UNTUK GURU


Tutut Guntari
Dalam belajar menulis dalam bahasa asing, siswa tingkat SMP/SMA lazimnya harus menjalani proses pembelajaran yang terkontrol, baik topik teks  maupun struktur generik teks, termasuk kompetensi pendukung (linguistik, sosiokultural, strategi, pembentuk wacana). Lain kata, siswa menulis di bawah tekanan (under pressure) tertentu.

Sabtu, 08 Januari 2011

Diklat Profesi Guru Depag: BAHASA INGGRIS DALAM ANTUSIASME DAN APATISME


Tutut Guntari
Puluhan guru bahasa Inggris MTs/MA—hanya sebagian dari lebih 50% guru yang gagal dalam uji portofolio sertifikasi (Musfiqon, MPA Des.2007)—mengikuti diklat Profesi Guru (PLPG) yang dilaksanakan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), 2-9 Januari 2008. Dari kesan sejumlah peserta dan instruktur, mereka memancarkan antusiasme, sekaligus memendam apatisme mendalam.

DOA GURU UNTUK SISWA

Tutut Guntari
Menjelang ujian nasional (unas) beberapa waktu lalu, ada fakta yang menggelitik dunia pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Diknas, yakni digelarnya istighosah (doa bersama) di sejumlah daerah misalnya Pasuruan, Gresik, Tuban, dan Jombang. Tujuannya, agar siswa memperoleh kemudahan, kelancaran dan kesuksesan dalam menghadapi unas.